Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag

Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag

Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag - Jika seseorang menderita atau memiliki keluhan penyakit maag (penyakit asam lambung), ia harus benar-benar memperhatikan berbagai jenis asupaan makanan yang ia konsumsi sehari-hari, hal ini karena makanan yang dikonsumsi memberikan kontribusi penting terhadap kesehatan tubuh dan juga bisa memicu parahnya penyakit maag yang dikeluhkan.

Penyakit Maag atau Penyakit Asam Lambung

Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag
Sebelum kita mengetahu beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan penyakit maag, ada baiknya kita sedikit membahas apa yang dimaksud dengan penyakit maag itu sendiri dan juga gejala atau tanda-tanda yang dirasakan oleh seseorang yang memiliki keluha penyakit asam lambung ini sendiri.
Penyakit Maag atau dalam istilah ilmiah disebut dengan nama Gastritis, merupakan suatu jenis penyakit yang timbul karena adanya kadar asam lambung yang mengalami peningkatan. Peningkatan kadar asam lambung yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan radang lambung atau tukak lambung, sehingga si penderita akan mengalami gejala sakit pada lambung dan ulu hati yang disertai dengan mulas dan perih pada perut.

Gejala Penyakit Maag
  • Terasa nyeri dan perih pada lambung dan ulu hati
  • Perut kembung jika terlambat makan dan merasakan nyeri pada perut sehabis makan
  • Mual dan kadang-kadang disertai dengan muntah
  • Sering sendawa, terutama dalam keadaan lapar
  • Menurunnya nafsu makan, wajah terlihat pucar, timbul keringat dingin dan kepala terasa pusing.
Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag
  • Hindari makanan yang mengandung banyak gas (seperti makanan yang mengandung banyak lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, minuman bersoda, dan buah yang dikeringkan).
  • Makanan yang dapat merangsang asam lambung, seperti : kopi, alkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus
  • Makanan yang sulit dicerna, sehingga membuat lambung lambat kosong seperti makanan yang mengandung banyak lemak, Kue tart, dan keju.
  • Makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti cuka, makanan pedas, dan merica
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti : alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan
  • Makanan yang merupakan sumber karbohidrat tinggi, seperti : beras ketan, mie, bihun, dodol.
Terima kasih anda telah menyimak Pantangan untuk Penderita Penyakit Maag yang kami berikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah kesadaran kita akan menjaga pola makan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit serta terhindar dari ancaman penyakit maag atau penyakit asam lambung.

0 komentar:

Posting Komentar