Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Pantangan untuk Penderita Radang Paru-Paru

Pantangan untuk Penderita Radang Paru-Paru

Pantangan untuk Penderita Radang Paru-Paru :: Paru-paru merupakan salah satu organ pernafasan manusia yang memiliki peranan penting dalam berlansungnya sistem pernafasan. Jika kita tidak menjaga kesehatannya dengan benar, maka secara otomatis sistem pernafasanpun akan turut terganggu. 

Pantangan untuk Penderita Radang Paru-Paru

Pantangan untuk Penderita Radang Paru-Paru
Jika anda memiliki keluhan penyakit radang paru-paru, jangan sembarang mengkonsumsi makanan. Jika tidak, bukan kesembuhan yang anda dapatkan, justru kondisi penyakit yang dikeluhakn akan semakin parah. Dan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit radang paru-paru tersebut adalah sebagai berikut :
1. Ikan Asin

Pantangan makanan penyakit radang paru-paru yang pertama adalah ikan asin. Dalam ikan asin terdapat zat Nitrosamin yang merupakan slah satu zat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya peradangan pada organ tubuh manusia. Selain itu, ada juga kandungan zat lain dalam ikan asin yang merupakan mediator utama pembentukan dan perkembangan virus Epstein-Barr. Virus inilah yang memiliki peranan dalam timbulnya peradnagan pada organ paru-paru manusia.

2. Terasi Merah

Terasi mengadung Rhodamin B, yang merupakan suatu zat pemicu timbulnya iritasu pada saluran pernafasan. Dan jika zat Rhodamin B ini terakumulasi dalam tubuh manusia dan bersifat karsinogenik dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan besar dapat mengakibatkan timbulnya peradangan pada tubuh, terutama pada sistem pernafasan.

3. Daging Kambing

Dalam daging kambing, terdapat kandungan zat yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan juga pembentukan zat nitrosamin yang dapat memicu terjadinya peradangan pada paru-paru dan dapar berakibat fatal pada kesehatan seseorang. Jaka hal ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan berujung pada penyakit penumonia.

4. Alkohol

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, akan memiliki reiko yang lebih besar terkena penyakit tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol. Selain itu, mengkonsmsi alkohol juga dapat memciu zazt nitrosamin berkembang lebih cepat.

5. Merokok

Mengapa merokok termasuk ke dalam pantangan untuk penderita penyakit radang paru-paru? Hal ini karena rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan penyakit kanker dan peradnagan pada organ pernafasan terutama paru-paru. Beberapa zat berbahaya dalam rokok, antara lain : tar, nikotin, karbon monoksida, dan zat kimia berbahaya lainnya yang dapat memicu timbulnya penyakit radang paru-paru, jantung dan merusak kesehatan tubuh.

Itulah pantangan untuk penderita radang paru-paru. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bahwa ada beberapa makanan yang justru akan berbahaya jiak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki keluhan penyakit radang paru-paru. Mari jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk kehidupan yang lebih bahagia. Salam sehat..

3 komentar: