Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Pantangan untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan untuk Penderita Penyakit Asam Urat - Berikut ini adalah sajian informasi lengkap mengenai beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis pantangan makanan penyakit asam urat dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderitanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah resiko bertambahnya kadar asam urat dalam darah dan juga untuk mempercepat proses penyembuhan yang sedang dijalani.

Pantangan untuk Penderita Penyakit Asam Urat
Pantangan untuk Penderita Penyakit Asam Urat

1. Pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat golongan A :

Pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat yang pertama adalah makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gr makanan), jenis makanan ini antara lain : hati, ginjal, otak, jantung, paru, macam-macam jeroan, udang, remis, kerang, sarden, herring, ekstrak daging (abon daging), ragi (tape), alkohol, serta makanan dalam kaleng.

2. Pantangan makanan penyakit asam urat golongan B :

Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gr makanan), antara lain adalah ikan yang tidak termasuk ke dalam golongan A, yaitu : kerang, daging sapi, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

3. Pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat golongan C :

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0*50 mg/ 100 gr makanan), diantaranya : keju, susu, telur, beberapa jenis sayuran, dan buah-buahan.

Saran untuk penderita penyakit asam urat
  • Jangan minum aspirin ( bila membutuhkan obat pengurang rasa sakit, pilihlah jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih, terutama bagi penderita penyakit batu ginjal, untuk mengeluarkan kristal asam urat dalam tubuh
  • Konsumsi makanan yang mengandung potassium, seperti : sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu dan yogurt, serta pisang.
  • Makanlah buah-buahan yang kaya akan vitamin C terutama jeruk dan strawberry
  • Teripang laut. Hewan laut yang dikenal dengan sebutan timun laut ini memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi penyakit asam urat, dengan cara menstabilkan kadar purin dalam darah secara alami. Bahkan para ilmuwan telah menyatakan dalam berbagai penelitiannya di berbagai lembaga kesehatan di dunia mengenai teripang laut sebagai obat tradisional penyakit asam urat ini.
Semoga sajian informasi mengenai pantangan untuk penderita penyakit asam urat yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai jenis makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi dan berpotensi tinggi dalam meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar